Aplikasi cafe dan resto

Dalam artikel ini saya akan bahas sedikit mengenai modul-modul yang ada di aplikasi Cafe dan Resto. Sama seperti aplikasi toko pada umumnya yaitu mencatat data pembelian dan penjualan serta mencetak nota untuk pembeli serta menyajikan laporan-laporan yang dibutuhkan oleh pemilik toko. Namun yang membedakan adalah bentuk barang yang dijualnya.

Perbedaan Dengan Aplikasi Toko

Barang yang dijual di aplikasi toko adalah barang jadi sedangkan dalam aplikasi cafe adalah barang hasil olahan atau bahan setengah jadi. Di toko ritel misalnya, barang yang dibeli bisa langsung dijual, contoh roko, teh botol dan lain-lain, sedangkan di cafe barang yang dibeli merupakan barang olahan yang harus diproduksi menjadi barang setengah jadi dan produksi kembali sampai menjadi barang jadi atau menu.

Untuk itu di aplikasi cafe tersedia modul khusus untuk menangani proses produksi yang terintegrasi dengan proses mutasi stok, dari bahan olahan menjadi barang setengah jadi dan barang jadi atau menu. Proses produksi ini disebut proses olahan.

Barang Olahan

Barang olahan adalah barang yang beli sebagai bahan baku untuk membuat menu berdasarkan standar receipe setiap menu. Contoh beras, minyak goreng, wortol dan lain sebagainya.

Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi adalah barang yang dioleh berdasarkan standar receipe tertentu untuk menjadi bahan baku dalam pembuatan barang jadi atau menu. Contoh bumbu kacang untuk sate, gula cair untuk minuman dan lain sebagainya.

Barang Jadi Menu

Barang Jadi adalah menu yang siap untuk dijual, yang di oleh dari bahan baku dan barang setengah jadi berdasarkan stantar receipe. Contoh Nasi Goreng, Sate, Jus Orange dan lain sebagainya.

Baik bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi mempunyai perhitungan stok masing-masing, sehingga memudahkan dalam pengkontrolan inventory. Dengan informasi stok ini sangat membantu bagi pengelola untuk mengetahui kapan harus belanja bahan, kapan harus produksi barang setengah jadi dan barang jadi, sehingga proses bisnis bisa dijalankan dengan efektif dan efisien.

Selain dilengkapi dengan multi stok di data master barang, aplikasi sistem cafe ini adalah mencakup :

  1. Data member, voucher, promo
  2. Inventory
  3. Accounting
  4. Reporting dalam bentuk grid dan grafik analisis

Untuk lebih jelasnya silahkan simak cuplikan video yang telah kami sediakan sebagai berikut :

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Tags:

Categories: