Kontrol Stok Gudang dan Banyak Otlet

Pernah Anda pikirkan bagaimana caranya mengontrol stok barang jika Anda mempunyai beberapa otlet dengan tempat yang berbeda-beda ?┬áMungkin artikel “Kontrol Stok Gudang dan Banyak Otlet” yang akan saya bahas menjadi salah satu jawabannya.

kontrol stok gudang dan banyak otlet

Hal yang sering dilakukan untuk kontrol stok jika Anda mempunyai beberapa otlet adalah menghitung jumlah stok yang ada di gudang dan disemua otlet secara manual dan tentunya dilakukan dengan pegawai yang anda percayai, tapi apakah anda yakin kepercayaan itu dilakukan dengan teliti, konsisten dan rasa tanggung jawab yang tinggi ? jawabannya tentu dan tidak tentu he he, dari mana anda tau kalau itu dilakukan dengan benar jika anda tidak melakukannya sendiri.

Alur Stok Barang Multi Otlet

Kebiasaan yang terjadi pada perusahaan-perusahaan dagang yang saya ketahui dari pengalaman selama memasang aplikasi, untuk kontrol stok gudang dan otlet sangat rumit dilakukan dikarenakan sistem yang selalu berubah-ubah dan SOP yang belum jelas. Misalnya ada alur kerja seperti ini :

  • Admin mengontrol semua mutasi barang yang terjadi di gudang dan otlet.
  • Gudang menerima barang dari suplier dan menyimpannya di gudang untuk menjadi stok.
  • Gudang mengirim barang ke semua otlet untuk menjadi stok disetiap otlet dan harus dibuatkan surat jalan (surat pengiriman).
  • Gudang┬ámelakukan stok op name secara rutin untuk memastikan tidak ada barang yang hilang.
  • Otlet menerima barang berdasarkan surat jalan (surat pengiriman) yang dikirim oleh Gudang.
  • Otlet melaporkan barang-barang yang terjual setiap hari, sebagai bahan untuk admin merekap total penjualan setiap otlet.
  • Otlet melakukan stok op name secara rutin untuk memastikan tidak ada barang yang hilang.
  • Admin melakukan sidak ke gudang dan otlet untuk memastikan tidak ada barang yang hilang.

Prosedur di atas sudah tepat untuk proses kontrol mutasi stok yang ada di gudang dan otlet, namun kendalanya apakah semua itu dilakukan dengan benar dan konsisten ? tentu tidak dan jika ya apa jaminannya ! Bersambung…


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

^